TEAM DOSEN PBI UNISSULA : DUKUNG PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU SMA MUHAMMADIYAH SAYUNG DEMAK

SABTU, 19 JANUARI 2019

Tri Darma Perguruan tinggi merupakan tugas dan tanggung jawab yang seyogyanya wajib dipenuhi oleh para dosen dalam rangka meningkatkan mutu diri sebagai seorang peneliti, mutu kemampuan mengajar dan mengasah kepekaan terhadap lingkungan melalui kegiatan penelitian, pengajaran dan kegiatan masyarakat yang semestinya dapat dilakukan secara rutin baik secara individu maupun kelompok. Pengabdian masyarakat khususnya, kegiatan ini merupakan bentuk nyata atau ajang bagi para dosen untuk dapat melakukan kegiatan dalam kaitannya dengan pengabdian diri terhadap lingkungan serta kepentingan sosial. Bentuk dari kegiatan pengabdian masyarakat sangat luas dan beragam yang sebaiknya dapat dilakukan sesuai dengan bidang pelaku pengabdian, dalam hal ini dosen.

Merespon terhadap fenomena yag berlaku saat ini dimana tuntutan hidup masyarakan dirasa semakin meningkat dari waktu ke waktu mengkibatkan masyarakat itu sendiri dalam hal ini mau tidak mau harus meningkatkan kualitas diri mereka agar tidak tertinggal dengan yang lain. Tolak ukur kecukupan pada diri seseorang dalam menghadapi perkembangan jaman yang sangat dinamis ini diantaranya dapat diukur dari kemampuan merespon tuntutan perubahan tersebut, terlebih pada bidang terkait dengan IT, konstruksi, kesehatan, pendidikan dan pengajaran, bisnis serta yang tidak kalah penting adalah kemampuan menggunakan berbahasa internasional secara komunikatif. Hal ini menjadi penting mengingat era perdagangan bebas telah dimulai dan berjalan. Oleh karena itu, mau tidak mau masyarakat harus dapat menyesuaikan. Inilah yang membuat Team Dosen Pendidikan Bahasa inggris Unissula Semarang tergerak untuk memotivasi guru-guru di SMA MUHAMMADIYAH SAYUNG DEMAK untuk berbagi ilmu dalam meningkatkan kompetensi pedagogi guru-guru di sekolah ini. Diharapkan setelah pelatihan ini para guru :

  1. Memiliki pemahaman yang lebih luas dan komprehensif terkait dengan kegiatan pengembangan profesi guru untuk kemudian dapat diaplikasikan dalam kegiatan kegiatan belajar mengajar dalam konteks belajar mengajar yang sebenarnya didalam kelas.
  2. Meningkatnya kesadaran para guru akan pentingnya variasi mengajar
  3. Meningkatkan kesadaran guru akan kekurangan dan kelemahan yang dimiliki, sehingga memunculkan keingingan dan semangat untuk melakukan perbaikan.
  4. Mampu mengimplementasi pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan yang dilaksanakan dalam konteks belajar mengajar yang sebenarnya.

Demikian proses pelatihan yang telah berlangsung di SMA MUHAMMADIYAH SAYUNG DEMAK.

 

Sesi Paparan Materi Pelatihan

 

Ibu Kaprodi PBI Ibu Huyi Intansari, S.Pd, M.Pd

 

Bapak Kurniawan Yudhi Nugroho, S.Pd, M.Pd

 

Bapak Hartono, S.S, M.Pd menyampaikan materi pertama kepada para guru SMA MUHAMMADIYAH SAYUNG DEMAK

Leave a Reply