SESI 2 PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNISSULA

Guru merupakan salah satu kunci keberhasilan siswa dalam hasil belajar. Guru yang kompeten dalam bidangnya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Karena itu kompetensi padagogik yang dimiliki guru dalam mengajar mempunyai peranan penting dalam proses belajar-mengajar dan menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu guru harus memiliki yang menurut Sardirman (2007:152) kompetensi pedagogik yaitu kompetensi menguasai bahan, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media/sumber, menguasai siswa untuk kepetingan pengaturan, mengenal fungsi dan layanan bimbingan dan penyuluhan, menyelenggarakan administrasi sekolah, mengenal prinsip-prinsip dan hasil penelitian guna keperluan keguruan. Baik buruknya kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Tidak hanya itu guru juga merupakan jabatan atau profesi yang membutuhkan keahlian khusus. Pekerjaan sebagai guru ini tidak bisa dilakukan oleh seseorang tanpa mempunyai keahlian sebagai guru. Menjadi seorang guru dibutuhkan syarat-syarat khusus. Apa lagi jika menjadi seorang guru yang profesional maka harus menguasai seluk beluk pendidikan serta mengajar dengan berbagai ilmu pengetahuan lainnya yang harus dikembangkan melalui masa pendidikan tertentu. Di dalam pendidikan, guru mempunyai tiga tugas pokok yang bisa dilaksanakan yaitu tugas profesional, tugas kemasyarakatan dan tugas manusiawi. Tugas profesional adalah tugas yang berhubungan dengan profesinya. Tugas profesional ini meliputi tugas untuk mendidik, untuk mengajar dan tugas untuk melatih. Mendidik mempunyai arti untuk meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar mempunyai arti untuk meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi, dan tugas melatih mempunyai arti untuk mengembangkan keterampilan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”. Standar kompetensi guru mencakup kompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI, dan guru mata pelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.

Menurut Alma dkk (2009:141) kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran. Ini mencakup konsep kesiapan mengajar yang ditunjukkan oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mengajar. Kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru antara lain pemahaman terhadap peserta didik, perancangan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan untuk mengelola peserta didik (Departemen Pendidikan Nasional, 2007). Beberapa Kompetensi dalam kompetensi Pedagogik adalah :

a.       Memahami peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan memamfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip-prinsip kepribadian, dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.

b.      Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi memahami landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

c.       Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar (setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.

d.      Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode,menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level), dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

e.       Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi non akademik.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi para Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNISSULA SEMARANG. Kemampuan Pedagogik yang harus dimiliki oleh setiap Guru dan Pendidik merupakan program bagi kami dalam PKM ini. PKM bagi guru guru di SMA / SMK MUHAMMADIYAH SAYUNG DEMAK ini diharapkan bisa bermanfaat dalam menunjang kemampuan para bapak/ibu guru dalam meningkatkan kompetensi beliau selaku pendidik. Para Dosen yang mengisi acara ini diantaranya

1. Menulis Buku Ajar oleh bapak Choirl Answar, S.Pd, M.Pd
2. Integrasi Media Teknologi dalam Pembelajaran oleh ibu Nani Hidayati, S.Pd, M.Pd
3. Komunikasi dan Manajemen Kelas oleh ibu Mega Mulianing M, S.Pd, M.Pd
4. Hard dan Soft Skill dalam Pengembangan Kapasitas bagi Guru oleh IbuNur Ekaningsih , S.Pd, M.Pd

Paparan Materi
Hard dan Soft Skill dalam Pengembangan Kapasitas bagi Guru oleh IbuNur Ekaningsih , S.Pd, M.Pd
Paparan Materi
Menulis Buku Ajar oleh bapak Choirl Answar, S.Pd, M.Pd
Paparan Materi Komunikasi dan Manajemen Kelas oleh ibu Mega Mulianing M, S.Pd, M.Pd
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya untuk Semua Pemateri dan Peserta Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru

Leave a Reply